Jakarta - 

Mitsubishi di Indonesia tercatat menjadi penyumbang penjualan terbesar di dunia. Pada kuartal pertama tahun fiskal 2021 (April-Juni 2021), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyumbang penjualan sebanyak 26.397 unit.

Angka itu sekaligus mencatatkan penjualan mobil Mitsubishi Motors di Indonesia sebagai penyumbang terbesar penjualan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) secara global. Mitsubishi Indonesia menyumbang penjualan sebesar 11,5% dari penjualan MMC secara global.

Penjualan mobil Mitsubishi Motors di Indonesia didominasi oleh model Xpander (termasuk Xpander Cross) 49%, Pajero Sport 20%, dan L300 23%. Persentase penjualan lainnya dikontribusikan model Triton, Eclipse Cross, dan Outlander PHEV.

Penjualan Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) di Indonesia menempati posisi pertama secara global untuk model tersebut. Setidaknya 54% Mitsubishi Xpander yang terjual secara global ada di Indonesia. Sementara penjualan Pajero Sport di Indonesia juga menempati posisi pertama dan berkontribusi sebesar 38% untuk penjualan global model tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh konsumen setia yang telah mempercayakan pilihannya kepada model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia. Selain itu kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia atas inisiatif pada beragam kebijakan dan insentif yang dapat mendukung daya beli masyarakat dan turut mendorong pertumbuhan industri otomotif," kata Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI.

"Capaian positif ini menjadi pemacu MMKSI untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen secara berkelanjutan pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, sekaligus menjadi bukti komitmen MMC kepada Indonesia sebagai negara yang benar benar penting dengan memastikan pasokan unit terserap oleh pasar bahkan dalam situasi disruptif seperti saat ini," katanya.

Menurutnya, penjualan yang diraih Mitsubishi Motors diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat Indonesia secara luas.

"Kami percaya sinergi positif antara pemerintah, pelaku industri dapat mendukung pemenuhan kebutuhan masyarakat tidak hanya melalui produk dan layanan, namun juga kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan.," ujar Nakamura.

Mitsubishi sendiri telah memiliki pabrik di Indonesia. Sejak 2017, model kendaraan penumpang Mitsubishi Motors dengan persentase penjualan terbesar, Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport, telah diproduksi di Indonesia dan berkontribusi terhadap ekonomi nasional. Pabrik tersebut menyerap tenaga kerja lokal dan bahan baku produksi, baik di fasilitas perakitan hingga supplier lokal.

Sumber: detikoto.com